Ms Words: Fasilitas Teknik Menulis Buku Di Zaman Modern

Teknik menulis buku yakni acara yang tidak jauh dari komputer atau laptop, sehingga menguasai shortcuts-nya ialah keharusan.


Sebelum periode komputerisasi, orang zaman dulu melakukan teknik menulis buku memakai media seadanya. Ada yang dari kulit lembu, daun kelor, sampai ditemukannya kertas dan alat tulis. Semenjak itu, pertumbuhan acara menulis buku meningkat sungguh pesat.


Banyak literatur-literatur dari barat maupun timur yang telah dibukukan – dari karya Romeo and Juliet karya William Shakespeare, hingga The Art of War milik Sun Tzao. Kegiatan menulis buku tidak hanya selaku suplemen kehidupan semata, tetapi juga turut mengganti sejarah sebuah bangsa.


Pada zaman serba komputer ini, pastinya Anda tidak perlu sibuk-sibuk untuk mengeluarkan banyak tenaga cuma dalam teknik menulis buku. Sudah ada komputer ataupun laptop yang dapat Anda gunakan untuk mampu menulis buku. Penulis pun juga tak perlu khawatir apakah tulisannya dapat dibaca atau tidak, alasannya adalah semua font akan sama saja kalau diedit lewat komputer.


Namun apakah semua itu cukup? Jawabnya tidak. Demi mengefisienkan pekerjaan menulis buku, Anda juga mesti berilmu mengusai alat yang Anda gunakan untuk melakukan teknik menulis (baca: mengetik). Beberapa diantaranya ialah shortcuts.


Shortcuts, yang memiliki arti jalan pintas, yakni media yang patut dipakai agar dapat menulis buku secara efisien. Jangan hingga saja; teknik menulis buku secara konvensional dengan yang modern, menjadi lebih lama yang modern sebab Anda gelagapan teknologi.


Maka dari itu, berikut ini shortcuts yang dapat Anda gunakan ketika melakukan teknik menulis buku melalui komputer/laptop kesayangan Anda:



  • Ctrl + A : Berguna untuk memilih/menyorot seluruh isi halaman document dikala ingin melaksanakan pengeditan secara keseluruhan dan masif, semacam mengganti jenis font, ukurant font, format font, hingga melaksanakan perintah copy secara masif.

  • Ctrl + B : Melakukan perintah Bold (huruf tebal) isi dokumen yang disorot, baik satu hingga semua aksara yang ada di dalam dokumen.

  • Ctrl + C : Untuk melaksanakan perintah copy (menyalin) teks yang tersorot oleh kursor.

  • Ctrl + E : Untuk menyejajarkan isi dokumen di posisi tengah layar. Lebih populernya diketahui sebagai shortcut rata tengah.

  • Ctrl + F : Untuk membuka kotak obrolan yang berfungsi selaku perintah untuk mencari kata ataupun aksara. Kata atau abjad yang diketik ke dalam kolom dialog tersebut secara instan mampu dicari dan dihitung jumlahnya.

  • Ctrl+ I : Untuk membuat huruf italic (cetak miring) pada satu atau sekumpulan huruf yang disorot.

  • Ctrl + J : Baris teks yang diseleksi bergerak merapat ke kiri lembar kerja atau sering disebut selaku shortcut rata kanan – rata kiri.

  • Ctrl + K : Berfungsi mencantumkan link pada kata yang disorot. Perintah ini sangat berguna saat Anda perlu mencantumkan dokumen referensi yang terdapat di dalam folder lain pada komputer Anda, atau dokumen yang berasal dari Caranya dengan memblok/menyorot kata yang akan Anda sisipi sebuah link, lalu tekan tombol Ctrl + K, maka akan tampil dialog box yang hendak timbul di layar Anda.

  • Ctrl + M : Digunakan untuk Indent paragraph pada area yang tersorot.

  • Ctrl + P : Perintah untuk masuk ke jendela print out secara instan.

  • Ctrl + R : Menggeser baris atau teks yang dipilih ke sebelah kanan pada lembar kerja

  • Ctrl + S : Untuk menyimpan otomatis setiap pergantian dokumen yang Anda lakukan.

  • Ctrl + T : Melakukan perintah hanging indent (paragraf menggantung)

  • Ctrl + U : Memberikan perintah underline (garis bawah) terhadap satu hingga sekumpulan huruf dalam dokumen

  • Ctrl + V : Untuk melakukan perintah paste (meletakan hasil copy sesudah kursor garis vertikal yang berkedip-kedip)

  • Ctrl + X : Melakukan perintah cut (memotong) satu atau sekumpulan abjad yang tersorot dan dapat diunggah kembali dengan perintah paste. Berbeda dengan copy, abjad yang sudah ter-cut akan hilang di dalam dokumen dan timbul kembali bila ada perintah paste.

  • Ctrl + Z : Undo (Untuk membatalkan aksi terakhir yang dilakukan)

  • Ctrl + Y : Redo (Untuk mengembalikan format yang dilakukan oleh undo)

  • Ctrl + Shift + F : Membuka jendela dialog untuk melakukan format font.

  • Ctrl + Shift + > : Meningkatkan font yang dipilih dari ukuran apapun, dengan skala default. Maksudnya, kalau Anda ingin menaikkan ukuran font dari 12 ke 14, cukup tekan shortcut

  • Ctrl + Shift + < : Kebalikan dari perintah sebelumnya alias mengurangi ukuran font dengan kisaran default yang sama.

  • Ctrl + ] : Menambahkan font 1 poin lebih besar pada dokumen yang dilaksanakan tanpa mengganti abjad lain.

  • Ctrl + [ : Mengurangi font 1 poin lebih besar pada dokumen yang dijalankan tanpa mengganti abjad lain.

  • Ctrl + Shift + * : Untuk memperlihatkan atau menyembunyikan simbol tersembunyi.

  • Ctrl + Del : Berfungsi untuk meniadakan kata di kanan kursor.

  • Ctrl + Backspace : Berfungsi untuk meniadakan kata di kiri kursor.

  • Ctrl + End : Untuk memindahkan posisi kursor ke posisi awal dokumen

  • Ctrl + Home : Untuk memindahkan kursor ke posisi permulaan dokumen

  • Ctrl + Spacebar : Berfungsi sebagai mengembalikan teks yang disorot ke default font.

  • Ctrl + 1 : Mengatur jarak spasi pada posisi satu spasi

  • Ctrl + 2 : Mengatur jarak spasi pada posisi dua spasi

  • Ctrl + 5 : Mengatur jarak spasi pada posisi 1,5 spasi

  • Ctrl + Alt + 1 : Mengatur posisi teks pada posisi heading

  • Ctrl + Alt + 2 : Mengatur posisi teks pada posisi heading

  • Ctrl + Alt + 3 : Mengatur posisi teks pada posisi heading

  • Ctrl + F1 : Berfungsi untuk membuka atau menutup hidangan Task Pane.

  • F1 : Membuka kotak dialog Open Help.

  • Alt + Ctrl + F2 : Membuka dokumen gres.

  • Ctrl + F2 : Membuka performa print preview (pratinjau cetak)

  • Shift + F3 : Mengubah teks dalam Ms Word yang dipilih menjadi abjad kecil atau karakter kapital, pada awal setiap kata.

  • F4 : Untuk megulangi agresi terakhir yang dilaksanakan dan paste agresi tersebut secara berulang-ulang

  • F5 : Membuka jendela Find and Replace untuk mencari dan mengubah kata yang dikehendaki.

  • Ctrl + Shift + F6 : Membuka jendela lain pada Ms Word yang sedang dikerjakan.

  • F7 : Mengeja tata bahasa teks pada dokumen yang diipilih (cuma berlaku dalam bahasa Inggris)

  • Shift + F7 : Menjalankan sebuah Thesaurus untuk mengevaluasi kata yang disorot (hanya berlaku dalam bahasa Inggris).

  • Shift + F12 : Melakukan perintah penyimpanan dokumen dengan folder baru.

  • Ctrl + Shift + F12 : memberi perintah cetak dokumen.

  • Alt + Shift + D : Untuk memasukkan tanggal hari ini pada lembar dokumen yang ditunjuk kursor.

  • Alt + Shift + T : Untuk masukkan waktu dikala ini pada lembar dokumen yang ditunjuk kursor.


Demikianlah penjelasan perihal kegunaan setiap shortcuts yang ada pada Ms Word. Jika Anda belum begitu menguasainya, catat dan tempelkanlah setiap shortcuts tersebut di depan hadapan Anda. Dengan begitu, Anda akan dimudahkan prosesnya dalam menulis buku. Semoga postingan ini berfaedah dan selamat menulis buku! [Mas Aji Gustiawan]


 


Referensi :


Raharja, Reno. 2013. Menulis Super Cepat. Jakarta: Penerbit Laskar Aksara.


 


 


Anda TAK HARUS PUNYA NASKAH siap cetak untuk mendaftarkan diri Makara Penulis di penerbit buku kami. Dengan mendaftarkan diri, Anda bisa konsultasi dengan Customer Care yang siap menolong Anda dalam menulis sampai menerbitkan buku. Maka, Anda tak perlu ragu untuk segera MENDAFTAR. Silakan isi form di laman ini. 🙂


Jika Anda menginginkan EBOOK GRATIS wacana CARA PRAKTIS MENULIS BUKU, silakan download



Sumber harus di isi

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama