Cara Membuat Daftar Isi Otomatis Di Ms Word – Cocok Buat Skripsi Thesis Dan Disertasi


Membuat daftar isi otomatis di word
Daftar Isi Otomatis




Tanpa mempergunakan menu cara membuat daftar isi otomatis di MS Word, kalian niscaya disibukkan dalam membuat dokumen karya ilmiah, seperti skripsi, peran tamat, thesis, disertasi, laporan kerja praktek dan peran kuliah lainnya.





Salah satu pekerjaan yang sangat menyita waktu yakni pembuatan daftar isi. Kalau daftar isi dibentuk dengan cara manual pasti sungguh bikin capek. utamanya jikalau banyak revisi dari dosen pembimbing.





Cobalah dengan mempergunakan hidangan menciptakan daftar isi otomatis di MS Word ini. Kalian telah tidak perlu lagi menciptakan daftar isi dengan cara diketik, tetapi hanya dengan beberapa kali klik mouse saja. Kalian tak perlu lagi harus mencocokkan nomor halaman per BAB dengan yang ada di daftar isi lagi.





Uniknya lagi, begitu ada pengeditan yang perlu penambahan atau penghematan jumlah halaman, secara otomatis daftar isi mampu menyesuaikan sendiri.





Caranyapun sangat mudah, tak perlu pengetahuan lebih dalam mengoperasikan komputer.





PERSYARATAN MEMBUAT DAFTAR ISI OTOMATIS





Sebelum memakai menu daftar isi otomatis di MS Word, tentukan terlebih dahulu dokumen kalian telah menerapkan Style Heading. Tanpa menerapkan style heading yang sempurna, kalian tidak akan dapat membuat daftar isi secara otomatis.





Style Heading





Style heading gunanya untuk memposisikan judul atau sub judul sesuai dengan tingkatannya. Biasanya sebuah dokumen itu terdiri dari judul utama, judul BAB, sub judul, sub sub judul, dan seterusnya.





Supaya mampu membuat daftar isi otomatis, struktur judul dan sub judul tersebut harus terperinci. Tidak cuma pembaca saja yang mengerti tapi juga computer yang kalian gunakan.





Secara umum, style heading memiliki struktur sebagai berikut:





  • Judul dokumen [Heading 1 / Bebas]
  • Kata Pengantar [Heading 1 / Bebas]
  • Abstrak [Heading 1 / Bebas]
  • Daftar Isi [Heading 1 / Bebas]
  • BAB 1 [Heading 1]
    • Sub BAB 1.1 [Heading 2]
    • Sub BAB 1.2 [Heading 2]
    • Sub BAB 1.3 [Heading 2]
  • BAB 2 [Heading 1]
    • Sub BAB 2.1 [Heading 2]
      • Sub sub BAB 2.1.1 [Heading 3]
      • Sub sub BAB 2.1.2 [Heading 3]
        • Sub sub sub BAB 2.1.2.1 [Heading 4]
        • Sub sub sub BAB 2.1.2.2 [Heading 4]
      • Sub sub BAB 2.1.3 [Heading 3]
    • Sub BAB 2.2 [Heading 2]
      • Sub sub BAB 2.2.1 [Heading 3]
      • Sub sub BAB 2.2.2 [Heading 3]
    • Sub BAB 2.3 [Heading 2]
  • BAB 3 [Heading 1]
    • Sub BAB 3.1 [Heading 2]
    • Sub BAB 3.2 [Heading 2]
    • Sub BAB 3.3 [Heading 2]
  • Dst…
  • Daftar Pustaka [Heading 1 / Bebas]
  • Lampiran-Lampiran [Heading 1 / Bebas]




Cara Membuat Style Heading





Untuk menciptakan style heading, kalian dapat membuatnya sesudah
semua dokumen diketik atau mampu juga kalian buat sambil mengetik dokumen.





Langkah-langkah menciptakan style heading pada suatu dokumen yaitu:





1. Sorot Judul BAB atau Sub BAB





2. Klik Menu HOME yang ada di bab kiri layar MS Word





3. Selanjutnya pilih STYLE HEADING yang ada di bab kanan layar komputer





Tersedia banyak sekali jenis style heading. Mulai dari Normal, Title, Heading 1, Heading 2, Heading 3, dan seterusnya. Kalian dapat menentukan berdasarkan struktur menciptakan style heading seperti di atas.





Membuat style heading untuk daftar isi otomatis
Cara Membuat Style Heading




4. Setelah menentukan style heading pada judul dokumen dan semua BAB dan Sub BAB hingga pada daftar pustaka, kalian telah siap untuk membuat daftar pustaka secara otomatis.





CARA MEMBUAT DAFTAR ISI OTOMATIS





Pastikan sebelum kalian membuat daftar isi otomatis di MS
Word, dokumen kalian telah menerapkan style heading dengan benar.





Langkah-langkah membuat daftar isi otomatis di MS Word yakni:





1. Klik REFERENCES yang ada di bagian atas Menu Bar MS Word kalian





2. Pilih TABLE OF CONTENTS





Kalian dapat memilih format daftar isi yang tepat. Tersedia banyak opsi dengan banyak sekali style.





3. Secara otomatis daftar pustaka kalian sudah terpampang tanpa harus mengetiknya.





Daftar isi otomatis di word
Cara Membuat Daftar Isi Otomatis di MS Word




CARA UPDATE DATA





Pada biasanya membuat dokumen skripsi, peran tamat, thesis
dan disertasi tidak mampu sekali jadi. Bahkan ada juga yang mengkonsultasikan
skripsinya ke dosen pembimbing per BAB. Selain itu perlu juga bolak-balik untuk
revisi.





Apabila ada perubahan sehingga menjadikan jumlah halaman dokumen
skripsi kalian harus bertambah atau malah berkurang, pastinya nomor halaman
yang ada di daftar isi mesti mampu mengikuti.





Nah, untuk update dokumen biar bisa sinkron antara nomor halaman yang ada di BAB dengan yang di daftar isi, kalian mampu mengikuti langkah-langkah berikut:





1. Klik di bab dalam kolom daftar isi (No.1)





2. Pilih UPDATE TABLE (No. 2)





3. Selanjutnya kalian akan diberikan dua pilihan. Mau update nomor halaman saja atau update tabel masukan.





4. Setelah mengklik OK (No. 3), spontan daftar isi akan menyesuaikan dengan yang ada di setiap BAB dokumen.





Cara buat daftar isi otomatis
Cara Update Daftar Isi Otomatis




Itulah cara membuat daftar pustaka isi secara otomatis di MS
Word yang dapat kalian kerjakan. Semoga pengerjaan dokumen skripsi, peran simpulan,
thesis dan desertasi kalian bisa cepet kelar ya. Selamat mencoba.*



Sumber harus di isi

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama