Pada biasanya, pembaca akan lebih tertarik dengan judul yang to the point. Judul yang spesifik yaitu judul yang tidak bebelit-belit dalam penggunaan kalimat. Maksudnya, judul tersebut tidak menciptakan orang yang membacanya telah sakit kepala dengan judulnya bukan dengan bukunya. Dengan memakai judul yang spesifik, paling tidak calon pembaca dapat mengira-nerka ihwal konten buku tersebut.
Justru dengan menciptakan kandidat pembaca mengira konten yang ada di dalam cara menciptakan buku tersebut, buku yang Anda pasarkan mampu sesuai dengan target pembaca. Misalkan Anda menciptakan buku dengan judul: ‘Pekembangan Teknologi Masa Kini’, dan Anda ingin yang membaca buku Anda yakni orang-orang yang bergelut di bidang Teknologi Informasi (TI). Akan tetapi, apakah dengan judul generalist mirip itu sasaran Anda tepat target? Belum tentu. Siapa tahu kalau yang berbelanja buku Anda nanti adalah orang yang juga concern di bidang teknologi perangkat keras (elektronik). Tentunya orang yang membaca buku Anda akan kecewa dengan konten buku tersebut, alasannya adalah tidak membicarakan elektronika namun justru TI. Maka dari itu, buatlah judul Anda se-spesifik mungkin.
- Bombastis