Cara Membuat Sertifikat Di Word Dan Excel Secara Otomatis


MS Word dan
MS Excel merupakan kedua software yang sungguh popular di penduduk . Selain gampang
dalam pengoperasiannya, software milik Microsoft ini juga tidak banyak menyita RAM
computer sehingga terasa ringan dan cepat dalam menjalankan tugas harian Anda.





Selain untuk
melaksanakan tulis menulis, MS Word juga mampu digunakan untuk melaksanakan pembuatan
sertifikat dengan gampang dan cepat. Mengenai kesudahannya, tak kalah dengan hasil
desain grafis dengan memakai Corel Draw, Photoshop, atau software desain
grafis yang lain.





Pembuatan akta
merupakan sebuah aktivitas membuat dokumen secara berulang-ulang dengan identitas
masing-masing personil yang tidak sama. Gabungan antara MS Word dan MS Excel
diyakini bisa mengatasi pekerjaan yang bersifat pengulangan mirip ini.





KEUNGGULAN





Keunggulan membuat
sertifikat dengan MS Word dan Excel yaitu:





  1. Proses
    pembuatan lebih cepat alasannya tidak butuhmenuliskan satu persatu identitas
    personal dalam akta tersebut
  2. Kesalahan
    dalam penulisan identitas dapat dihindari
  3. Tidak
    banyak membutuhkan penyetingan
  4. Mudah
    dalam pengoperasian
  5. Apabila
    terjadi koreksi, gampang dalam pembenahan.




PERALATAN YANG DIBUTUHKAN





Sebelum membuat
akta dengan menggunakan MS Word dan MS Excel, berikut ini yakni beberapa
hal yang perlu Anda rencanakan:





  1. Pastikan
    software MS Word dan MS Excel terinstal di computer
  2. Gunakan
    salah satu software grafis, mirip Corel Draw, Photoshop, Adob premier, atau
    yang sejenisnya




LANGKAH-LANGKAH MEMBUAT
SERTIFIKAT





Untuk menciptakan sertifikat dengan menggunakan MS Word dan MS Excel yakni selaku berikut:





1. DESAIN SERTIFIKAT





Gunakan salah software desain grafis yang paling gampang berdasarkan Anda. Bebas, apa saja terserah. Boleh dengan menggunakan Corel Draw, Adobe Photoshop, Adobe Illustrator, SketchUp, atau software sejenisnya.





Buatlah sertifikat kosong (tanpa menuliskan identitas personal). Untuk penulisan identitas mirip Nama, Tanggal Lahir, Alamat, atau yang lain nanti di MS Word dan MS Excel saja.





Sebagai pola dalam
membuat sertifikat Seminar Nasional yang diselenggarakan oleh Lembaga
Penelitian dan Pengabdian Masyarakat – Universitas Muhammadiyah Semarang seperti
ini:





Desain sertifikat
Desain Sertifikat




2. MEMBUAT DATA DI EXCEL





Data yang perlu Anda masukkan di MS Excel yakni beberapa berita yang terkait dengan identitas pemilik sertifikat. Misalnya dalam pengerjaan sertifikat Seminar Nasional mirip ini:





Cara membuat sertifikat dengan excel
Informasi Sumber Data




Jangan lupa simpan berkas excel di Drive c:\sertifikat.





3. MENGGABUNGKAN DATA EXCEL DI MS. WORD





Langkah permulaan yang dapat
Anda kerjakan yaitu membuka MS Word, lalu mengambil gambar hasil desain
akta yang telah Anda buat sebelumnya dengan menggunakan software yang
Anda sukai.





Setelah itu, mengaitkan data Excel ke gambar akta yang berada di MS Word. Caranya diuraikan secara rincian di bawah.





4. PREVIEW





Pastikan sebelum Anda
cetak, sertifikat sudah betul-betul sesuai dengan yang Anda kehendaki. Beberapa
point penting yang pelu Anda cek ialah kesesuaian antara NAMA dengan POSISI
dalam acara tersebut.





Untuk melihat kesudahannya,
Anda mampu mengklik Preview. Lalu Anda mampu melihat semua sertifikat satu
persatu dengan mengklik TANDA ANAK PANAH ke kanan atau ke kiri di samping
Tombol Preview tersebut.





Cara membuat sertifikat dengan mudah
Cara Melihat Hasil Desain




Hasil preview mirip
ini:





Membuat sertifikat dengan cepat
Melihat Hasil Desain Sertifikat




6. EDIT TULISAN





Untuk menetralisir kotak dan dasar berwarna putih yang membatasi background ialah dengan mengklik kanan kedua kotak tersebut. Selanjutnya aturlah FILL dan OUTLINE sehingga berubah menjadi transparan.





Sertifikat dengan Excel
Edit Sertifikat




7. PRINT SERTIFIKAT





Setelah hasil Preview telah cocok dengan yang Anda harapkan, kini saatnya mulai untuk ngeprint sertifikat tersebut. Caranya dengan mengklik Tombol Finish & Merge yang ada di samping kanan Preview, kemudian pilih Print Dokumen.





Seperti cara ngeprint
lainnya, Anda diberi potensi untuk mengeprint secara keseluruhan atau
hanya sebagian saja yang Anda kehendaki.





Membuat sertifikat otomatis dengan Word dan Excel
Preview Hasil Desain




Setelah Anda print,
beginilah hasil sertifikatnya:  





Sertifikat
Hasil Sertifikat




CARA MENGGABUNGKAN DATA
EXCEL DI MS. WORD





Setelah membuat
sertifikat kosong dengan memakai salah satu software desain grafis, langkah
berikutnya yaitu mengisi akta tersebut menurut data yang Anda buat di
Excel. Namun dalam pelaksanaannya, Anda lakukan semua di MS. Word.





Jadi,
ketiga data tersebut berikutnya Anda selesaikan di MS Word. Nampaknya sangat
rumit, tetapi jikalau sudah mencoba ternyata sungguh mudah dan cepat.





Berikut ini
yakni tindakan cara memadukan data di Excel dengan MS Word yang
mampu Anda ikuti.





  1. Buka
    MS Word
  2. Memasukkan
    Gambar Hasil Desain ke MS Word




Cara memasukkan gambar
hasil rancangan ke MS Word yaitu dengan : Insert à Picture lalu cari lokasi
penyimpanan gambar sertifikat hasil desain tadi.





Agar gambar menempati
posisi di bawah dikala Anda menuliskan identitas orang maka klik kanan gambar
kemudian pilih TEXT WRAPPING à BEHIND TEXT.





  • Selanjutnya
    pilih MAILINGS kemudian kiln START MAIL MERGER dan pilih LETTERS.




Cara mudah membuat sertifikat
Cara Praktis Membuat Sertifikat




  • Upload
    Data Excel ke MS Word




Cara memasukkan
data Excel ke MS Word ialah dengan mengklik MAILLING kemudian SELECT RECIPIENTS dan
pilih USE AN EXITING LIST.





Sertifikat otomatif
Upload Data Excel ke Word




Selanjutnya
arahkan File Data Excel yang Anda buat di Drive C, lalu pilih SHEET 1.





Sinkronisasi Data Excel
Sinkronisasi Data Excel ke Word




  • Masukkan
    Data Excel yang diperlukan ke layout sertifikat dengan cara INSERT MERGE FIELD,
    lalu tentukan isian kolom dengan menentukan F1 dan seterusnya sesuai dengan
    kebutuhan. F memberikan Kolom yang ada di Excel.




Keterangan perihal F seperti pada gambar
bahwa untuk merujuk ke NAMA maka perlu memilih F3 dan POSISI ke F4.





Cara membuat sertifikat dengan mudah dan cepat
Keterangan Data Excel




  • Atur
    hasil insert field pada layout akta.




Anda mampu menertibkan jenis aksara,
ukuran font dan sebagainya.





PENTING





Agar dapat
terhubung antara data Excel dan Word maka semua file yang sudah Anda buat harus
di simpan di Drive C.





Demikianlah
uraian cara gampang dan cepat menciptakan sertifikat dengan menggunaakan MS Word dan
MS Excel secara berbarengan. Dengan mengikuti panduan ini, agar Anda tidak
lagi direoptkan dalam membuat sertifikat. Selamat menjajal .*



Sumber harus di isi

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama