Binggung Mengawali Menulis Bahan Latih? Kuasai Format Bahan Latih Berikut Ini

Jika Anda seorang guru atau dosen, niscaya pernah mendengar format bahan latih? Pada dasarnya bahan latih sering digunakan untuk penulisan goresan pena yang bersifat naratif. Seringkali materi asuh ini diulas disetiap konferensi pembelajaran.


Format materi ajar berisi materi pokok yang tidak cuma mengulas perihal pertemuan pembelajaran. Melainkan juga mengulas berbagai aktivitas pembelajaran. Baik aktivitas yang direncakan maupun yang tidak direncanakan. Dalam ulasan kali ini akan mengulas tentang materi ajar, apa dan bagaimana. Berikut ulasannya.


Format Teknis Bahan Ajar


Format materi didik secara teknis dibuat minimal 8 halaman hingga 10 halaman. Ukuran kertas yang dipakai adalah kertas kuarto atau A4. Terkait dengan penggunaan huruf, bisa menggunakan Times new roman, arial dan callibri. Ukurannya patokan diantara 11 atau 12 font. Terkait dengan spasi, gunakan 1,3 spasi atau 1,5 spasi saja, jangan memakai 2 spasi.


Adapun aturan ukuran saat membuat bahan didik. Misal terkait menentukan besar judul. Gunakan judul atau sub judul memakai ukuran yang lebih besar, misal memakai ukuran 13 atau 14. Makara ada pembeda ukuran aksara antara judul, sub bab dan isi. Jika ingin menggunakan judul utama, bisa memakai font 16.


Sistematika Penulisan


Secara tersistematis, format buku latih telah memiliki hukum dasarnya. Jadi bahan asuh dibentuk secara tersusun. Penyusunan paling awal tulis identitas mata kuliah yang mencakup nama pengajar. Adapun data lain yang perlu ada, diantarannya adalah mata kuliah/isyarat, pengajar, jumlah SKS, sasaran mencar ilmu dan target belalajar. Fungsi penulisan yang tersistemtis biar terstruktur dan gampang dimengerti.


Elemen Penting Saat Menuliskan Deskripsi Mata Kuliah


Format buku bimbing dalam menuliskan deskripsi mata kuliah ada tiga hal. Yaitu Pendahuluan, penyuguhan dan Penutup. Ruang lingkup pendahuluan mencakupi bahan, target pembelajaran dan sikap awal mahasiswa. Di poin inilah Anda juga dapat memaparkan manfaat dan penjelasan penting yang dikemas sesuai urutan pembahasan.


Lain lagi dengan format materi didik di bagian penghidangan. Di bab penyajian penulis fokus pada pemaparan materi pembelajaran. Misal mengulas wacana sebuah pengertian, memaparkan teori, definisi maupun konsep.  Dibagian penghidangan ini pulalah Anda menjelaskan secara rinci acara belajar selama di kelas maupun di laboratorium.


Jika perlu, di bab penyuguhan Anda juga diusulkan untuk memperlihatkan penerapan konsep, dan aktivitas yang ada kaitannya dengan kompetensi maupun pembelajaran. Misal diberi pembinaan ataupun diberi tugas secara berdikari.


Terakhir di bab penutup, format bahan ajar yang disarankan dibagian final ini adalah menunjukkan soal tes formatif dan menawarkan umpan balik. Umpan balik sangat dibutuhkan untuk mengukur pencapaian pembelajaran penerima latih.


Penutup yang bagus tidak cuma meninggalkan umpan balik, tetapi juga menunjukkan rangkuman atau intisari pembahasan. Ini pasti akan mempermudah mahasiswa/peserta didik mengambil poin inti pembelajaran.


Terakhir, hal yang tidak kalah penting yaitu daftar pustaka dibagian belakang. Setidaknya dengan daftar pustaka pertanda bahwa ulasan mampu dipertanggungjawabkan. Daftar isi juga menunjukan seberapa banyak dan seberapa dalam Anda menulis menurut rujukan, bukan selaku materi imajinasi atau hoax.


Itulah tiga format bahan latih yang dihentikan Anda abaikan. Pastikan untuk menulis menurut hukum yang telah tentukan oleh pemerintah. Jangan mencoba-coba melanggar aturan teknis, alasannya jikalau tidak cocok tolok ukur, justru materi didik Anda tidak akan tersera. (Elisa)


Referensi:


LKPP-UNHAS. 2015. Bahan Ajar, Buku Ajar, Modul dan Panduan Praktik. Makasar.


Apakah Anda punya kegemaran nulis sedang atau ingin menulis buku? Dengan menjadi penulis penerbit buku Deepublish, buku Anda kami terbitkan secara gratis. Anda cukup mengubah ongkos cetak. Silakan isi data diri Anda di sini.


Jika Anda ingin mengetahui lebih banyak perihal hobi nulis anda mampu menyaksikan Artikel-artikel berikut:



  1. Teknik Menulis : Cara Membuat Daftar Isi secara Otomatis di Ms. Word

  2. Teknik Menulis Menyusun Laporan Hasil Penelitian Menjadi Buku Ajar

  3. Teknik Menulis: 5 Hal dalam Buku Ajar yang Harus Diperhatikan!

  4. Teknik Menulis Buku, dengan Membaca Teks Kehidupan


Jika Anda mempunyai BANYAK IDE, BANYAK TULISAN, namun BINGUNG bagaimana caranya MEMBUAT BUKU, gunakan fasilitas KONSULTASI MENULIS dengan TIM PROFESSIONAL kami secara GRATIS di sini!


Jika Anda menghendaki EBOOK GRATIS wacana CARA PRAKTIS MENULIS BUKU, silakan download.



Sumber harus di isi

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama